Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi Tumbuhkan Kepercayaan Masyarakat

Kota Bekasi, Jawa Barat, 27/8 (ANTARA) - Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono, mengatakan keberadaan mal pelayanan publik dengan berbagai macam kepengurusan administrasi di kotanya dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan menjawab kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan layanan yang cepat dan efisien.
"Pelayanan bukan hanya hadir di gedung-gedung pemerintahan namun dengan adanya mal pelayanan publik, dapat dirasakan langsung di tengah masyarakat," kata Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono dalam informasi yang diperoleh dari Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu.
Kota Bekasi memiliki mal pelayanan publik di Jalan Ahmad Yani 13, dengan 27 outlet bagi masyarakat yang membutuhkan layanan administrasi kependudukan dan catatan sipil, serta layanan SKCK, SIM, Samsat, keimigrasian, BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan, perbankan, Disnaker, dan sebagainya.
Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi yang diresmikan pada 16 Desember 2024 itu adalah pusat layanan terpadu yang dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai layanan publik dalam satu lokasi.
Tujuan utama mal pelayanan publik adalah memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.
Mal pelayanan publik ini hadir dalam rangka pelaksanaan ketentuan pasal 5 ayat (7), pasal 9 ayat (7), dan pasal 10 Peraturan Presiden Nomor 89 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik. Dengan adanya mal pelayanan publik ini sangat memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang serba ada.
Selain di tempat permanen tersebut, Pemerintah Kota Bekasi juga kerap menyelenggarakan kegiatan roadshow mal pelayanan publik, seperti yang diselenggarakan pada hari Minggu (24/8) lalu, Wali Kota Bekasi membuka kegiatan roadshow mal pelayanan publik di Pasar Alam Vida, Bantargebang, Kota Bekasi, dalam rangkaian HUT ke-80 Kemerdekaan Republik Indonesia.
"Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada DPMPTSP Kota Bekasi atas inisiatif pelaksanaan Roadshow MPP ini. Kegiatan ini merupakan inovasi dan terobosan nyata untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima, cepat, efektif dan efisien serta semakin mendekatkan layanan kepada masyarakat," kata Wali Kota Bekasi. (ANTARA/: Budi Setiawanto)
📬 Berlangganan Newsletter
Dapatkan berita terbaru seputar desa langsung ke email Anda.